SAHABAT KOKOH, SAHABAT.CO.ID - Laszlo Jozsef Biro (bahasa Hongaria: Bíró László József, bahasa Spanyol : Ladislao Biro; lahir di Budapest, 29 September 1899 – meninggal di Buenos Aires, 24 November 1985 pada umur 86 tahun) adalah penemu pulpen modern. Demikian yang ditulis wikipedia.

Produksi pulpen pertama Laszlo Jozsef Biro ditampilkan pada suatu pameran internasional di Budapest, Hongaria di tahun 1931. Bulpen buatan diai dipatenkan di Paris pada 15 Juli 1938.

Laszlo Jozsef Biro terlahir dari keluarga Yahudi tahun 1899 di Budapest, Hongaria.

History bulpen modern miliknya, dimulai dari saat Ia bekerja sebagai wartawan.

Saat berprofesi sebagai seorang wartawan, ia selalu mengamati bahwa tinta yang digunakan untuk mencetak surat kabar dapat kering dengan cepat, sehingga kertas menjadi kering dan bebas dari kotoran karena tinta. Dari situ muncul ide membuat bulpen.

Laszlo Jozsef Biro pun akhirnya melakukan uji coba. Uji coba pertama bulpennya dg  jenis tinta yang sama pada fountain pen (pena dengan tinta encer) ternyata gagal karena tinta tersebut tidak mau mengalir ke ujung pena karena masih terlalu pekat untuk pipa kapiler pena.

Selanjutnya Bersama saudaranya György,  seorang kimiawan, Laszlo Jozsef Biro mengembangkan jenis ujung baru yang mengandung bola yang bebas berputar di dalam wadahnya; mengambil tinta dalam dari tempat tinta sewaktu berputar dan mengantar tinta ke atas kertas sewaktu berputar kembali.

Pada tahun 1943, Laszlo Jozsef Biro dan György pindah ke Argentina setelah negara asalnya diduduki oleh kelompok Nazi. Pada tanggal 10 Juni di tahun tersebut, mereka mengklaim paten instrumen menulis yang diterbitkan Amerika Serikat sebagai US Patent 2,390,636, dan membentuk kelompok Biro Pens of Argentina (dalam hal ini Biro adalah nama lain dari birome, istilah Argentina untuk pulpen).

Di Britania Raya, produksi massal pulpen seperti ini dipakai untuk awak Angkatan Udara Britania Raya, karena desain pulpen ini dianggap lebih baik untuk dipakai selama terbang di udara dibandingkan pulpen encer konvensional.

Pada tahun 1945, Marcel Bich membeli hak paten pulpen dari Bíró dan menjadikannya salah satu benda yang diproduksi perusahaan Société Bic miliknya.

Laszlo Jozsef Biro wafat di Buenos Aires, Argentina, pada tahun 1985. Negara ini pun menjadikan hari lahirnya sebagai Hari Penemu di negara tersebut.