Situbondo, SAHABAT.co.id - Sosialisasi program imunisasi campak dan rubella sudah mulai dilakukan di beberapa kabupaten. Salah satunya di Kabupaten Situbondo.

Ketua Forum Kota Sehat Situbondo Agus Ari Cahyadi menyatakan siap bembantu dan menyosialisasikan terhadap masyarakat melalui FKKS (Forum Komonikasi Kecamatan Sehat) dan Pokja Desa Sehat, karena penyakit campak dapat menyebabkan kelainan jantung, kerusakan jaringan otak, katarak congenital, dan gangguan pendengaran.

“Oleh karena itu, mari kita buang jauh-jauh isu yang beranggapan kalau pemberian imunisasi kepada anak-anak akan membawa dampak sakit. Terkait panas atau demam ringan dan bengkak ringan di sekitar suntikan, itu gejala masih wajar dan tim medis menyiapkan obatnya,” pesannya.

Sementara Abdur Rasyid Salah satu Dewan Penasehat FKS Situbondo juga mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung dan menyukseskan imunisasi campak dan rubella, terhadap anak-anak mulai usia 9 bulan sampai 15 tahun.

Hal ini dilakukan pemerintah untuk mencegah virus dan penyakit campak dan rubella yang sangat berbahaya.

Rasyid menghibau Para tokoh masyarakat harus bisa memberikan informasi kepada masyarakat, agar mereka tahu manfaat imunisasi campak dan rubella bagi puta-putrinya. Berikan pemahaman kepada masyarakat sebijak mungkin, agar tidak salah persepsi tentang imunisasi campak dan rubella.  (Fawaid Aziz)