Sidoarjo, SAHABAT.co.id - Para legislator dari berbagai parpol di berbagai tingkatan, baik DPRD Kabupaten, Provinsi dan DPR RI harus memiliki tiga karakter penting.

Hal tersebut disampaikan oleh salah seorang narasumber, Ainor Rahman ketika menjadi pemateri dalam Sekolah Legislatif tingkat Jatim di Auditorium Rektorat Universitas Sunan Giri, Sidoarjo, Minggu, (15/10/2017).

“Legislator harus memiliki integritas, visioner atau berwawasan ke depan dan kompeten,” papar Ainur di hadapan 80 legislator mahasiswa dari berbagai kampus di Jatim.

Ketiga karakter tersebut jugalah yang mulai sekarang harus ditanamkan oleh para mahasiswa yang duduk di Dewan Perwakilan Mahasiswa.

Menurut Ainur, ketiga hal tersebut menjadi penting mengingat lembaga legislatif memiliki tanggungjawab dan kewajiban untuk memproduksi keadilan melalui kewenangan membuat peraturan perundang-undangan.

“Lembaga legislatif dalam sistem ketatatanegaraan adalah lembaga yang agung, sebagai tempat memproduksi keadilan melalui pembuatan perundang-undangan,” pungkas Ainur.

Kegiatan sekolah Legislatif yang berlangsung selama dua hari, sejak Sabtu hingga Minggu (14-15/10/2017) ini mengangkat tema ‘Mewujudkan Legisatif Mahasiswa Harapan Bangsa dalam Rangka Mencapai Tujuan Negara.’ (bed)